Subscribe:

Minggu, 15 November 2009

PENGERTIAN KOMUNIKASI
proses pemindahan pengertian dlm bentuk gagasan/ informasi dr seseorang ke orang lain (Handoko, 1996).pentransferan dan pemindahan makna dari komunikator ke komunikan melalui mediaKomunikasi merupakan peralatan (tool) manajemen yg dirancang utk mencapai tujuan dan tdk dinilai atas dasar hasil akhir dlm komunikasi itu sendiri
. Fungsi kontrol
Komunikasi dpt digunakan utk mengendalikan perilaku seseorang
1. Fungsi motivasi
Komunikasi dpt digunakan utk meningkatkan motivasi seseorang utk mencapai tujuan
2. Fungsi ekspresi perasaan
Komunikasi dpt digunakan utk menyampaikan perasaan kpd orang lain
3. Fungsi informasi
Komunikasi dpt digunakan utk menyampaikan data/informasi berguna utk pengambilan keputusan



PROSES KOMUNIKASI

1. Sumber berita (source/komunikator)
Sumber pihak yg mempunyai kebutuhan dan keinginan utk mengkomunikasikan sesuatu gagasan, pemikiran, informasi dsb kpd pihak lain

2. Pengubahan berita ke dlm sandi/kode (encoding)
Mengubah berita ke dlm berbagai bentuk simbol verbal atau nonverbal yg mampu memberikan pengertian percakapan, gerakan atau tulisan

3. Pengiriman berita (transmitting the message)
Pilihan komunikator thdp media atau “saluran distribusi” yaitu:

Lisan mungkin disampaikan melalui orang, telepon atau radiotape
Manfaat:
 1. adanya kesempatan utk berinteraksi antara sumber dan penerima
 2. memungkinkan komunikasi nonverbal (gerakan tubuh, intonasi suara dll)
 3. disampaikannya berita sec cepat, & memung-kinkan umpan balik diperoleh segera

Tertulis  disampaikan melalui saluran spt memo, surat, laporan, catatan dsb.
Manfaat:
Dlm hal penyelesaian laporan atau dokumen utk kepentingan di waktu mendatang

4.Penerima berita (komunikan)
Penerimaan berita (oleh komunikan) melalui pancaindera  penglihatan, pendengaran, pengecap, perabaan dan penciuman.


5. Pengartian/penterjemahan kembali berita (decoding)
Yaitu pengartian simbol-simbol oleh penerima

Proses ini dipengaruhi oleh:
 a. latar belakang
 b.kebudayaan
 c. pendidikan
 d.lingkungan
 praduga & gangguan di sekitarnya

Agar komunikasi efektif, maka perlu adanya komunikasi dua arah (utk menghindari berita diartikan berbeda oleh si penerima)

6. Umpan balik (feedback)
Tanggapan yg diberikan komunikan kpd komunikator
Jadi, komunikasi adalah proses yg berkesinambung-an dan tak pernah berakhir



ARAH KOMUNIKASI

1. Downward communication
Komunikasi  pengirim tingkatannya lebih tinggi dr penerima. Komunikasi ini tdk selalu menggunakan face to face contact

2. Upward communication
Komunikasi  pengirim tingkatannya lebih rendah dr penerima. Komunikasi ini terjadi sbg umpan balik downward communication

3. Lateral/horizontal communication
Komunikasi yg terjadi antar sesama rekan kerja (kedudukannya dlm organisasi sama). Komunikasi ini umumnya digunakan utk koordinasi.




KOMUNIKASI FORMAL dan INFORMAL

1. Komunikasi Formal
a.. dikendalikan oleh manajemen
b . kadang dpt menghambat proses komunikasi seseorang
c.  sebagian besar digunakan dlm penyelesaian tugas

Jaringan komunikasi formal:
chain (jaringan rantai)
komunikasi dilakukan mengikuti rantai komando
 wheel (jaringan roda)
komuniasi sangat tergantung kpd pemimpin sbg pusat komunikasi dlm klp
 all-channel (jaringan semua saluran) memungkinkan seluruh anggota berkomunikasi sec aktif ke seluruh arah

2. Komunikasi Informal
 tdk dikendalikan oleh manajemen
 diterima oleh kebanyakan karyawan
 sebagian besar utk menjalin hub

Komunikasi informal menggunakan jaringan yg me-mungkinkan seluruh anggota bergerak bebas pd semua tingkatan dlm organisasi/klp


HAMBATAN KOMUNIKASI

1. Filtering
informasi dimanipulasi oleh pengirim, seolah-olah ingin menyenangkan penerima

2. Selective perception
penerima akan menyeleksi informasi yg diterima berdasarkan kebutuhan, motivasi, pengalaman & kepribadiannya

3. Emotions
tanggapan dr informasi yg disampaikan tergantung kpd emosi atau perasaan si penerima pd saat itu

4. Language
informasi diterjemahkan berbeda bila antara pengirim & penerima tdk memiliki kesamaan bahasa


PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK

Keuntungan pengambilan keputusan sec klp:
a. informasi & wawasan menjadi lebih lengkap
b. sudut pandangan masalah lebih beragam
c tingkat keabsahan lebih tinggi
d diterima oleh kalangan yg lebih luas

Kerugian pengambilan keputusan sec klp:
a. perlu waktu yg lebih lama
b. adanya dominasi oleh beberapa org
c. tanggung jawab anggota tim sering tdk jelas

0 komentar:

 
Copyright 2010
Design by Yoga_udzi